14 Juli, 2010

MASA ORIENTASI SEKOLAH (MOS)

MOS merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan untuk tujuan memperkenalkan peserta didik dengan lingkungan belajar yang baru. Oleh karenanya kegiatan ini mestinya bersifat membimbing dan mendidik para siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi baru.Sering kita saksikan diberbagai media massa bahwa kegiatan MOS disalah artikan sebagai media perpeloncoan dan aksi balas dendam dari kelas yang senior kepada siswa baru. Akibatnya hasil kegiatan tidak mencapai sasaran, yang terjadi justru pelanggaran terhadap HAM.SMP Negeri 13 Surabaya dalam menyelenggarakan MOS berusaha mengedepankan tercapainya tujuan MOS yakni siswa baru mengenal dan mampu beradaftasi dengan lingkungan belajarnya yang baru. Bahkan Kepala sekolah Drs. Suwito, M. Pd. dalam upacara pembukaan MOS mewanti-wanti kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan ini agar tidak melakukan kekerasan sekecil apapun dan MOS dilakukan dengan situasi yang meriah dan menyenangkan.

Nampaknya pesan kepala sekolah di respon dengan baik oleh semua personil yang terlibat, baik OSIS, maupun panitia kegiatan. Selama 3 hari kegiatan dapat dilakukan dengan baik dan meriah. Berikut adalah sebagian rangkaian kegiatan MOS tahun 2010.

Upacara Bendera melatih siswa untuk disiplinPara Guru juga mengikuti upacara dengan khidmat
Penyematan tanda peserta MOS Tahun 2010 Oleh Kepala Sekolah

MOS dilaksanakan dengan penuh keceriaan dan persahabatan

Dengan awal pembelajaran yang menyenangkan ini diharapkan akan memacu siswa untuk belajar lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. Bagi siswa baru selamat menunaikan tugas belajarmu, semoga apa yang kalian cita-citakan segera terwujud.(karyadi).

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Masa orientasi siswa memang sangat menarik sekali dan pasti nya sangat mantab. Thanks for your information ya min

Unknown mengatakan...

Wah di jaman sekarang mah canggih banget ya min