05 Juni, 2010

DIGISCHOOL MENUJU SEKOLAH BERKUALITAS

Berkembangnya teknologi informasi yang begitu cepat menuntut dunia pendidikan harus menyesuaikan diri. Di Indonesia terutama lingkungan pendidikan pamanfaatan teknologi informasi dan komunikasi masih tergolong minim, hal ini disebabkan regulasi yang belum mendukung sepenuhnya pemanfaatan teknologi ini sebagai salah satu pilar pembangunan. Akibatnya anggaran untuk membangun infra struktur teknologi informasi berjalan ngesot (bukan suster ngesot lho).

Dispendik Surabaya membuat terobosan yang cukup bagus yaitube kerjasama dengan PT ITS kemitraan. Program kerjasama ini menghasilkan Manajemen Sekolah Berbasis Digital yang diberi nama Digischool. Software ini sangat bagus karena telah menghandel hampir seluruh aktivitas sekolah. Karena software ini bebasis internet maka semua data tentang sekolah dapat diakses semua lapisan masyarakat, sehingga siapa saja dapat memantau perkembangan pembelajaran disetiap sekolah. Sedangkan UPTD dan dinas pendidikan dapat melakukan analisis lebih mendalam tentang kebutuhan masing-masing sekolah berdasarkan data riil di lapangan.

Bahkan melalui internet para orang tua dapat melihat apakah putra/putrinya masuk sekolah atau membolos. Bagi para orang tua yang menambahkan nomor telepon, mesin akan mengirim SMS bagi putra/putrinya yang membolos. Selain itu para guru juga dapat menulis materi, membuat perangkat pembelajaran,tes online, dan sekaligus memberikan informasi penilaian dari tes yang diberikan.

Sedangkan para dapat memperoleh informasi tentang berbagai materi pembelajaran, mengikuti tes online, mengecek absensi, atau menikmati perpustakaan digital. Penasaran kayak apa tampilannya, ini dia :
Untuk dapat mengakses software ini silahkan ikuti langkah berikut ini :
1. Buka url :http://118.98.172.178/digischool/ atau klik disini Jika gagal coba tanyakan mbah google, kemudikan ketikkan keyword, " digischool surabaya".(tidak pakai tanda petik)
2. Silahkan isi akun yang diminta. Akun ini tersedia untuk guru, TU, dan kepala sekolah.
3. Setelah itu pilih jenjang sekolah, berikutnya pilih kecamatan dan klik SMP yang diinginkan.
4. Selanjutnya silahkan buka menu yang ada sesuai kebutuhan anda. Tampilannya adalah sebagai berikut :
Sebelum launching resmi software ini dispendik bekerjasama dengan ITS dan Telkom mengadakan pelatihan secara bertahap terhadap guru dan TU masing-masing sekolah. Hal ini untuk mendorong agar manajemen sekolah yang baik segera terwujud. Program ini masih menyisakan masalah karena masih banyak tenaga pendidik maupun kependidikan yang belum melek teknologi khususnya internet, ditambah lagi ketersediaan infrastruktur internet yang belum memadai. Hal ini menyebabkan biaya pemakaian internet masih tergolong mahal. Kadang-kadang ada yang berpikir daripada untuk mbayar warnet mending buat beli lombok ama trasi. Benar nggak ?Jika ada internet gratis untuk semua masyarakat tentu pendidikan ini akan cepat maju (karyadi).